Berbakti Kepada Orangtua

Cinta...Aku juga tidak begitu mengerti dengan hal ini. Padahal orang-orang selalu mengagung-agungkan cinta. Terlebih ketika valentine, banyak orang mengungkapkan cinta mereka dengan cokelat, puisi, bunga dan lain-lain. Jujur aku tidak suka dengan perayaan ini, menurutku yang namanya sayang atau cinta itu harus diungkapkan setiap hari. Mungkin tidak selalu dengan kata-kata atau hadiah tapi dengan perhatian dan tindakan. Ya tapi terserah anda setuju atau tidak?

Sebenarnya apa itu cinta?
Cinta....jika bertanya pada anak kecil maka dia akan menjawab cinta itu ibu dan ayahku yang selalu menyanyangiku ada untukku dan selalu melindungiku...memastikan aku tumbuh dengan baik...sedih jika aku sedih...tak pernah mengeluh dengan kenakalanku.. ibu senantiasa merawat tanpa pamrih...sejak aku di dalam kandungan hingga sekarang tak pernah sedikitpun habis rasa cinta itu...ayah kau selalu tersenyum jika aku mulai menyerah senyumu membangkitkan semangatku...beban yang kau pikul tidak sedikit tapi tak pernah sedikitpun ada kata menyerah untuk menghidupiku...cintaku ayah ibuku... 

Di sini kita akan membahas tentang cinta orangtua. Kasih sayang anak sepanjang galah kasih sayang orangtua sepanjang jalan. Sebagai seorang anak kita tidak mungkin dapat membalas kasih sayang yang telah mereka berikan. Yang dapat kita perbuat adalah berbakti dan menyanyangi mereka.

Berikut ayat-ayat dalam Al Quran yang menjelaskan tentang berbakti kepada orangtua:

Al An’aam
151. Katakanlah: “Marilah kubacakan apa yang diharamkan atas kamu oleh Tuhanmu yaitu: janganlah kamu mempersekutukan sesuatu dengan Dia, berbuat baiklah terhadap kedua orang ibu bapak dan janganlah kamu membunuh anak-anak kamu karena takut kemiskinan, Kami akan memberi rezki kepadamu dan kepada mereka, dan janganlah kamu mendekati perbuatan-perbuatan yang keji, baik yang nampak di antaranya maupun yang tersembunyi, dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) melainkan dengan sesuatu (sebab) yang benar[518].” Demikian itu yang diperintahkan kepadamu supaya kamu memahami(nya). 

Al Israa’
Beberapa tata krama pergaulan
23. Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia[850]

Al Ahqaaf
17. Dan orang yang berkata kepada dua orang ibu bapaknya: “Ah bagi kamu keduanya, apakah kamu keduanya memperingatkan kepadaku bahwa aku akan dibangkitkan, padahal sungguh telah berlalu beberapa umat sebelumku? lalu kedua ibu bapaknya itu memohon pertolongan kepada Allah seraya mengatakan: “Celaka kamu, berimanlah! Sesungguhnya janji Allah adalah benar.” Lalu dia berkata: “Ini tidak lain hanyalah dongengan orang-orang dahulu belaka.”








  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar